A Vida é Sonho

Español Inglês Português
Yo sueño que estoy aquí I dream that I am here
destas prisiones cargado, of these imprisonments charged,
y soñé que en otro estado and I dreamed that in another state
más lisonjero me vi. happier I saw myself.
¿Qué es la vida? Un frenesí. What is life? A frenzy. “(…) O que é a vida? Um frenesim,
¿Qué es la vida? Una ilusión, What is life? An illusion, O que é a vida? Uma ilusão,
una sombra, una ficción, A shadow, a fiction, uma sombra, uma ficção,
y el mayor bien es pequeño: And the greatest profit is small; e o maior bem é pequeno:
que toda la vida es sueño, For all life is a dream, que toda a vida é sonho,
y los sueños, sueños son. And dreams, are nothing but dreams. e os sonhos, sonhos são.”

Pedro Calderón De La Barca, A Vida é Sonho,

Dalam Bahasa Indonesia artinya: Hidup adalah Sebuah Mimpi. Frase ini saya dapatkan dari kelas Bahasa dan Kebudayaan Portugis di FIB UI. Dosen yang mengajar pada waktu itu menyebutkan bahwa frase tersebut di cetuskan oleh Miguel de Cervantes. Seorang berkebangsaan Spanyol yang berkarir sebagai penulis puisi, penulis naskah drama, pelukis, dan novelis. Namun, ketika saya sedang mencari literatur yang berhubungan dengan frase tersebut, saya malah menemukan sepenggal naskah drama komedi karya Pedro Calderón De La Barca yang notabene adalah seorang penulis naskah drama dari golden era. Kemudian saya menanyakannya kepada guru bahasa spanyol di LBI UI, dan beliau mengatakan bahwa sebenarnya frase tersebut memang berasal dari sepenggal naskah drama komedi yang inti ceritanya mengisahkan tentang konflik antara free will dan fate.

Seorang teman saya di kelas tersebut dengan spotan mengatakan bahwa ia tidak setuju dengan frase tersebut. Ia menjelaskan bahwa kehidupan adalah sebuah realitas yang harus dijalani, sementara mimpi hanya bagian dari kehidupan. Namun, salah seorang teman saya yang lain setuju dengan frase tersebut. Ia mengatakan bahwa kehidupan yang kita jalani hari ini merupakan realisasi dari sebuah mimpi di masa yang lalu, dan segala sesuatu yang telah kita miliki saat ini pada awalnya hanyalah sebuah mimpi. Dari dua pendapat yang teman saya kemukakan tidak dapat dikatakan bahwa salah satu dari mereka ada yang benar ataupun salah, sebab frase tersebut sebenarnya sangat bersifat kontemplatif dan berbau filsafat.

Saya pribadi menganggap bahwa kehidupan yang sedang saya jalani adalah sebuah mimpi, sebuah kehidupan yang kadang kala terasa tidak nyata. Segala sesuatu yang saya dapatkan merupakan sebuah keindahan yang tak ternilai harganya. Keluarga, teman, kemampuan untuk melihat keindahan-keindahan alam, menghirup udara yang segar di pagi hari, fasilitas yang tersedia, pendidikan, dan yang terpenting adalah bahwa saya masih bisa merasakan kehidupan itu sendiri. Meskipun terkadang mimpi yang dialami tidak selalu indah, misalnya tugas kuliah, UTS, UAS, dan tugas-tugas lainnya. Di sisi lain, ketika saya melihat sebuah keadaan sekitar yang cukup menyedihkan (kemiskinan dan bencana alam-red), saya merasa terbangun dari mimpi-mimpi tersebut. Pada saat itu saya melihat sebuah keadaan yang sebenarnya dari hidup ini, sebuah realita. Dimana semua keindahan yang ada dalam mimpi saya tiba-tiba saja hilang dan tidak ada maknanya. Mengutip yang di tuliskan De La Barca, “I dreamed that in another state, happier I saw myself”, seperti itulah kira-kira perasaan yang timbul ketika saya terbangun dari mimpi. Saya melihat keadaan yang lebih baik dari diri saya dan dunia ini ketika saya bermimpi, ketika segala sesuatunya indah serta tidak ada kemiskinan atau bencana, dan ingin rasanya terus bermimpi tanpa harus terbangun. Itulah yang saya lakukan, kembali bermimpi seperti biasanya. Bermimpi akan sebuah kehidupan yang menyenangkan, bermimpi akan sesuatu yang belum tercapai, bermimpi akan hal-hal yang menakjubkan.

Leave a Reply

