Bach, 6 Cello Suite

Bach yang merupakan komposer dan pemain organ dari era baroque berhasil membuat saya terpesona dengan karya-karya indahnya. Salah satunya adalah karyanya yang berjudul Bach-Cello Suite No.1 Prelude in G Major BWV 1007. Suite ini merupakan bagian dari 6 cello suite dan biasa dimainkan pada Cello, namun ada juga yang memainkannya pada gitar dengan arrangement khusus, seperti yang saat ini sedang saya pelajari.

Saya mengenal lagu ini pertama kali ketika sedang browsing di salah satu video website dan tanpa sengaja menemukan sebuah video yang menampilkan lagu ini. Dalam video tersebut, lagu ini dimainkan secara apik oleh Cellist Yo Yo Ma, dengan interpretasinya yang membuat saya saat itu langsung jatuh hati dengan Prelude BWV 1007 no.1 ini. Mungkin karena perpaduan antara bas dan melodi yang begitu tertata rapih membuat lagu ini menjadi indah, disamping itu tempo dan dinamisasi dari lagu ini juga ikut mempengaruhi keindahan dari Prelude BWV 1007 No.1

Jika Anda bertanya-tanya seperti apa sih lagunya, sehingga membuat saya rela untuk belajar berjam-jam untuk lagu ini, maka Anda akan menemukan jawabannya ketika pertama kali membuka blog ini. Anda juga bisa mendengarkan Yo Yo Ma memainkan lagu ini di video yang saya sertakan.

Selamat mendengarkan sebuah karya indah dari Bach…

2 Comments (+add yours?)

  1. mikebm
    Apr 11, 2008 @ 22:15:26

    wah berubah warna ya blognya….

    gw ada nih dvdnya yo yo ma yang main cello suite sambil kerja sama dengan seniman berbagai bidang dari seni sampai ahli landscape… mungkin bisa nambah nilai interpretasi?

    Reply

  2. Jane Pietra
    Apr 12, 2008 @ 11:55:54

    Hehehe, iya nih..
    Sedang mencari suasana baru aja makanya ganti warna deh blognya

    Wah, boleh pinjam gak tuh mike..Gw sangat mengidolakan YoYoMa, ya mungkin juga bisa menambah nilai interpretasi..
    Btw tadinya gw ingin lebih menuliskan komposisinya prelude ini, tapi berhubung teori musik gw sangat minim, jadi apa boleh buat deh..Seadanya aja, tapi itu juga belom tentu bener…

    Reply

Leave a Reply

