https://jane1909.wordpress.com

Ada beberapa teman yang menanyakan tentang alamat blog ini. “Kenapa sih 1909, itu apaan? Bukan tahun lahir lo kan yang pasti?”. Jawabannya ya emang bukan tahun lahir saya. Tapi tahun 1909 itu mempunyai sebuah makna tersendiri bagi saya.

Saya adalah seorang pemain gitar yang masih sangat junior dan yah bisa di bilang gak ada apa-apanya deh. Chord aja masih nanya sama temen, parah banget deh pokoknya. Tapi dalam proses belajar memainkan gitar, saya mengenal seorang komposer asal Spanyol yang bernama Francisco Tárrega. Sang maestro gitar ini sangat saya kagumi karena keindahan-keindahan komposisi lagunya. Sebut saja Lágrima yang tema lagunya bertemakan kesedihan sang maestro pada saat berada di London pada waktu itu. Komposisi lagu tersebut menyerupai air mata yang jatuh dan mempunyai dinamika yang manis. Sehingga memungkinkan seseorang dapat ikut merasakan kesedihan yang dirasakan oleh sang maestro pada waktu itu. Sebenarnya sangat banyak komposisi dari Tárrega yang ingin saya bagikan dan ceritakan, namun mungkin pada tulisan yang lainnya.

Berangkat dari kekaguman saya pada sang maestro era romantik tersebut, maka saya langsung mencari tahu biodata dan daftar panjang komposisinya. Beliau lahir pada tahun 1825 di Villarreal, Castellón. Terlahir sebagai anak dari Francisco Tárrega Tirado dan Antonia Eixea, namun sang ibu meninggal dunia ketika ia masih sangat kecil. Kemampuannya dalam bidang musik membuatnya berkeliling dunia. Sampai akhir hayatnya beliau masih sempat menuliskan sebuah komposisi, yaitu Oremus, sebuah lagu yang sering dibawakan dengan salah satu komposisinya yang lain, Endecha. Sehingga beberapa orang akan sangat sering menyebutkannya Endecha-Oremus, dan menganggapnya sebagai satu kesatuan yang utuh. Beliau meninggal di Barcelona pada tanggal 15 Desember 1909, 13 hari setelah sang maestro menyelesaikan komposisi terakhirnya (Oremus).

Ya, 1909 merupakan tahun meninggalnya sang maestro gitar klasik dari Spanyol, Francisco Tárrega. Beliau merupakan seorang tokoh yang saya idolakan, dan merupakan motivator saya dalam belajar gitar. Ketika saya merasa malas atau jenuh, saya pasti mendengarkan kumpulan lagu-lagu beliau yang indah. Percaya atau tidak, hal tersebut bisa membuat saya kembali bersemangat untuk belajar gitar.

So, sekarang sudah terjawab kan, kenapa di alamat blog saya ada angka tahun 1909?

2 Comments (+add yours?)

  1. toso
    Apr 19, 2008 @ 09:26:15

    Tapi knp gak tanggal lahirnya aja, Jane?
    Kesannya lebih positif, drpd tanggal kematiannya😀

    Reply

  2. Jane Pietra
    Apr 20, 2008 @ 18:46:46

    Wah iya yah mok, napa gak tanggal lahirnya ajah..hehehe
    Hmm soalnya klo tanggal lahirnya itu kan 1825, aga ribet. Kalo tahun kematiannya lebih simple…hehe
    alasannya cuma itu sih..hehehe

    Reply

Leave a Reply

