Gitarku…Hidupku dan Jiwaku (1)

Sudah sekitar 3 tahun belajar bermain gitar, gitar klasik lebih tepatnya lagi. Tapi pada awalnya saya tidak pernah merencanakan untuk belajar bermain gitar klasik, malahan saya inginnya belajar bermain gitar jazz. Tapi yang sangat di sayangkan adalah bahwa saya sama sekali tidak bisa membaca not balok, padahal salah satu kriteria untuk belajar memainkan gitar jazz adalah membaca not balok yang cukup ngejelimet alias rumit. Memang banyak yang mengatakan kalau ingin bermain jazz ya tinggal improvisasi saja, tapi saya mau lebih mendalami dan serius di bidang itu. Maka saya memutuskan untuk berguru kepada salah seorang teman ayah saya yang merupakan pemain gitar jazz. Pada saat saya kemukakan niat saya untuk belajar gitar jazz dengan beliau, beliau hanya bertanya satu hal pada saya,

” Kamu bisa baca not balok ga ? “

Spontan saya menjawab, ” Nggak om. Memangya kenapa? “

” Wah susah kalau tidak bisa baca not balok . Mendingan kamu belajar gitar klasik aja dulu, paling 1 tahun  atau 6 bulan, biar kamu bisa baca not balok dulu. “

Pada saat itulah saya memutuskan untuk belajar gitar klasik. Tapi hanya sekedar 6 bulan atau 1 tahun saja agar saya bisa membaca not balok, sesuai dengan anjuran teman ayah saya. Kebetulan saat itu teman saya sedang belajar bermain alat musik keyboard di sekolah musik AMI Cikini. Dia langsung menawarkan saya untuk belajar di tempat tersebut. Ajakannya pada saat itu tidak langsung saya jawab karena saya masih bingung dalam mencari tempat belajar yang benar-benar cocok dengan saya. Tapi akhirnya setelah menimbang-nimbang saya memutuskan untuk mendaftar ke sekolah musik AMI Cikini tersebut.

Saat itu sekitar bulan April tahun 2005, saya memulai belajar gitar klasik di sekolah musik AMI Cikini. Guru saya pada saat itu adalah Kak Panggung Supriyanto. Hanya dengan bermodalkan kemampuan bermain gitar yang sangat minim, karena ketika SMP saya pernah mencoba bermain gitar dan hanya sebatas sebagai pengiring saja, saya mulai “bertempur” dengan not balok. Ternyata cukup menyenangkan juga belajar not balok itu. Perlahan tapi pasti saya mulai bisa menguasai not-not balok tersebut. Karena terlalu bersemangat belajar not balok, buku fundamental berhasil saya taklukkan dalam kurun waktu 3 bulan. Sangat senang rasanya telah berhasil membaca not balok meskipun hanya not tunggal dan masih bermain dengan tempo yang sangat lambat. Kemudian guru saya berkata bahwa saya baru dapat mengikuti ujian kenaikan tingkat setelah saya sekurang-kurangnya 6 bulan belajar di sekolah musik tersebut. Bukan mengada-ada, tapi memang itu peraturan yang berlaku. Jadi saya melanjutkan pelajaran saya ke buku 1ª (grade 9 yamaha) meskipun secara legal saya belum lolos dari grade fundamental tersebut (grade 10).

Ketika mulai memasuki pelajaran di buku 1ª, saya belum terlalu suka dengan gitar klasik, karena lagu-lagu yang ada di buku itu sangat jauh dari kesan klasik. Permainannya hanya seputar komposisi sederhana dari lagu-lagu popular, meskipun ada juga yang masuk ke dalam komposisi lagu klasik. Misalnya Etude No.1 dari Francisco Tarrega, yang kemudian menjadi repertoire wajib ketika mengikuti ujian kenaikan tinggkat grade 9. Sempat bosan juga mengikuti pelajaran dari buku tersebut, terlebih lagi saat itu sudah saatnya saya untuk mengikuti ujian gitar bagian fundamental. Jadi, pelajaran dari buku 1ª sempat dihentikan untuk mempersiapkan ujian saya. Pada saat itu genap sudah saya belajar gitar selama 6 bulan.

2 Comments (+add yours?)

  1. lisda
    Sep 17, 2008 @ 23:35:45

    wow…, udah jago nih gitaran-nya…

    Reply

  2. Jane Pietra
    Sep 19, 2008 @ 07:59:46

    Wah..tidak jago kok,hanya saja saya sangat mencintai gitar. Kalau berbicara soal jago, mungkin Mbak Lisda lebih jago dari saya, kan sudah sering konser bareng Opus 78, saya malah belum pernah konser sama sekali…heheheh..^_^ v

    Reply

Leave a Reply

