Be Faithful

Pernahkah terbayang untuk berhubungan sex dengan kekasih Anda? Atau pernahkah Anda berfikir untuk ”jajan” diluar karena pasangan Anda menolak untuk berhubungan sex? Kalau Anda pernah membayangkan dan berfikir akan hal tersebut lebih baik Anda berfikir beribu kali akan risiko yang mungkin terjadi pada diri Anda. Karena kemungkinan terburuknya adalah Anda akan terkena penyakit menular seksual ataupun HIV/AIDS.

Permasalahan mengenai penyakit menular seksual dan HIV/AIDS ini lebih banyak pada remaja. Mengapa? Jawabannya karena masa remaja adalah masa rentan terhadap permasalahan seksual. Maksud dari rentan terhadap permasalahan seksual disini adalah dimana masa remaja merupakan masa transisi atau peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pada saat masih anak-anak kita belum mengetahui dengan jelas permasalahan seksual, yang hanya kita ketahui adalah bahwa adanya perbedaan jenis kelamin dan perbedaan gender role, bahwa laki-laki harus berperilaku seperti apa dan perempuan harus berperilaku seperti apa. Namun, masalah seperti berhubungan seks serta penyakit menular seksual belum pernah terpikirkan atau bahkan tidak diketahui sampai jenjang pendidikan tertentu. Jika hal tersebut diketahui, sebagian besar remaja mengakui bahwa mereka tahu dari teman-teman sebaya mereka yang belum tentu mengerti akan masalah pendidikan seks. Pendidikan seks serta pertanyaan-pertanyaan seputar seks juga sering dianggap sebagai sesutu yang tabu, sehingga jarang sekali anak remaja mau mengkomunikasikannya dengan orangtua ataupun guru mereka. Sehingga akhirnya timbul permasalahan yang lebih besar pada remaja yang tidak tahu mengenai pendidikan seks. Mereka menjadi penasaran seperti apakah berhubungan seks itu dan mereka juga tidak mengetahui bahaya apa saja yang akan terjadi jika mereka berhubungan seks secara bebas.

Salah satu bahaya yang akan terjadi jika melakukan hubungan seksual secara bebas adalah terkena penyakit menular seksual ataupun HIV/AIDS. Berdasarkan data yang diperoleh dari UNAIDS: Report on The Global AIDS Epidemic, 2006, jumlah pengidap HIV/AIDS usia 15-49 tahun di Indonesia diperkirakan 170.000 orang, dengan perkiraan jumlah pengidap yang meninggal sepanjang tahun 2005 sebanyak 5.500 orang (http://www.sinarharapan.co.id/berita/0612/01/opi01.html). Dapat dilihat dari data ini, mayoritas adalah remaja yang menjadi penderita HIV/AIDS. Sudah banyak cara dilakukan untuk mengantisipasi dan memberantas permasalah ini di masyarakat luas terutama pada remaja. Diantaranya adalah pendidikan seks yang sudah mulai diberikan ketika anak-anak sudah akhil balik (usia sekolah pada jenjang kelas 6 SD atau SMP kelas 1), pembentukkan karakter pada remaja, sampai strategi ABC (abstinence, be faithful, condom). Dalam strategi ABC ini ditekankan akan abstinesi dalam berhuhubungan seksual sebelum waktunya atau tidak melakukan hubungan seks dengan siapapun, setia pada pasangan atau mutual monogami, dan menggunakan kondom jika melakukan hubungan seks.

Be faithful atau artinya adalah setia pada pasangan Anda, dimana Anda hanya boleh mempunyai satu orang pasangan dan berhubungan seks dengan pasangan Anda saja, tidak boleh dengan orang lain, pacar kedua ketiga atau keempat, apalagi ”jajan” di luar. Dengan melakukan be faithful maka kemungkinan untuk terkena penyakkit menular seksual atau HIV/AIDS akan dapat diminimalisir. Be faithful juga merupakan salah satu cara yang mudah untuk dilakukan jika dibandingkan dengan risiko yang akan didapat jika berhubungan seks secara bebas, hanya setia pada pasangan Anda. Ada banyak cara untuk dapat melakukan be faithful, diantaranya adalah jika Anda belum siap berpacaran lebih baik jangan berpacaran terlebih dahulu, Anda juga harus menemukan pasangan yang sesuai dan cocok dengan kriteria Anda, jangan pernah berfikir untuk menjadi Don Juan, Anda juga harus mengomunikasikan segala sesuatu dengan orangtua, guru, ataupun orang yang bekerja pada LSM yang menangani masalah seks. Dan yang terpenting adalah Anda memiliki keyakinan yang kuat pada diri Anda bahwa Anda dapat melakukan semua hal tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: