Tips Untuk Bisa Membaca Not Balok

Membaca not balok bukan merupakan hal yang mudah, apalagi bagi seseorang yang baru pertama kali belajar musik dan di wajibkan untuk dapat membaca not balok. Saya sendiri baru bisa membaca not balok 3 tahun yang lalu setelah mulai belajar gitar klasik. Sebelumnya saya tidak dapat membaca not balok sama sekali, sebab dari SD sampai SMA, saya diperbolehkan dan tidak  pernah dimarahi ketika saya mengganti not balok tersebut ke dalam notasi not angka. Sehingga saya tidak pernah terbiasa untuk membaca not balok secara langsung dan saya menjadi malas membaca not balok tersebut. Setiap pelajaran seni musik, yang saya dan teman-teman saya lakukan adalah mengubah not balok menjadi not angka. Hal itu terbawa sampai saya mulai belajar gitar klasik dan saya kelimpungan karena tidak diperbolehkan untuk mengubah not balok yang ada di buku jadi not angka. Mabok dan pusing bukan main. Tapi ada beberapa cara yang saya lakukan untuk akhirnya saya bisa membaca not balok tersebut dalam kurun waktu 1 bulan. Berikut adalah cara yang saya lakukan:

  1. Latihan setiap hari, hal ini penting mengingat saya tidak terbiasa membaca “kecambah” yang bergelantungan sana sini dan bewarna hitam. Latihan tidak perlu sampai bercucuran keringat dan air mata, yang penting adalah setiap hari. Paling tidak setengah jam atau satu jam per harinya. Latihan dapat dilakukan dari buku yang didapat dari tempat les (kalau les musik), dari toko buku, dari teman yang punya partitur lagu sederhana dengan not balok, ataupun dari internet.
  2. Memainkan instrumen musik setiap hari, hal ini terkait dengan poin nomor 1, dimana kita harus melatih kemampuan kita membaca not balok setiap hari. Memainkan instrumen yang kita pelajari secara rutin juga mempunyai keuntungan lain, yaitu kita dapat mengasah kemampuan kita untuk mengontrol serta mengeksplorasi instrumen musik tersebut.
  3. Berlatih dalam keadaan relax, hal ini diperlukan agar otak kita dapat bekerja secara maksimal. Jika kita berlatih dalam keadaan tertekan karena dikejar waktu, sedang dalam keadaan marah, ataupun ngantuk, maka kita tidak akan bisa berlatih secara maksimal.
  4. Tidak menghafalkan not balok, maksudnya di sini adalah bahwa kita jangan menghafalkan not balok seperti kita belajar sejarah atau pelajaran sekolah. Karena jika itu yang kita lakukan, maka kemungkinan besar kita akan cepat lupa ketika kita tidak pernah membaca not balok lagi. Sebaiknya kita cukup mengetahui lokasi not dalam garis paranada serta tempat kita meminkan nada tersebut dalam instrumen dan berlatih sambil melihat partiturnya, jangan dihafal mati-matian (do letaknya di sini, re letaknya di sana, dst.) Hafal itu pasti akan terjadi ketika kita sudah sering latihan dan sering memainkannya dengan instrumen yang kita tekuni (lihat poin 1 dan 2 :p)

Dari ke empat hal diatas saya akhirnya bisa membaca not balok meskipun kemampuan tersebut harus selalu dan tetap diasah setiap hari mengingat tingkat kesulitan lagu yang akan dimainkan pasti akan semakin tinggi. Dimana saya harus belajar mengenai ketukan serta tempo dan tanda istirahat yang ada dalam sebuah partitur musik sehingga menjadikan permainan menjadi lebih mengalir.

Jadi selamat mencoba mempraktikan 4 hal di atas yah. Dan buat yang punya tips lainnya jangan segan untuk menambahkan, siapa tahu dengan bertambahnya tips diatas, akan semakin membantu teman-teman yang sedang belajar membaca not balok. Untuk yang masih bingung atau mau nanya-nanya juga boleh koq. ^_^ b

84 Comments (+add yours?)

  1. titi
    May 13, 2009 @ 14:14:13

    Trims infonya. Penting buat saya yang awam soal not balok, tetapi saya sebagai Ibu harus “nampak” sedikit mengerti soal itu dan belajar cepat kalau bisa. Karena setiap pagi dan sore saya mendampingi anak saya yang 11 tahun berlatih piano klasik.

    Reply

  2. Jane Pietra
    May 13, 2009 @ 17:41:17

    Sama-sama…senang bisa membantu memberikan sedikit pencerahan..hehe
    Wah, Ibu Titi baik sekali mendampingi anaknya latihan pagi dan sore…Alangkah baiknya memang jika mereka didampingi, jadi latihannya lebih semangat… ^_^

    Reply

  3. ane
    Jul 06, 2009 @ 13:38:59

    aduuuuh….susah yia kaiiaknyaa….??????

    nerapa lama siy klo mw cpet bisa..?????

    Reply

    • Jane Pietra
      Jul 11, 2009 @ 12:13:21

      Halo..
      Sebenernya kalo dijalanin gak terlalu lama juga…paling lama 3-4 minggu… kalo mau cepat bisa, harus tiap hari latihannya, minimal 1 jam/ hari…hehehe

      Reply

  4. yus
    Jul 07, 2009 @ 11:55:52

    saya yus neh… saya hanya bisa belajar dari buku.. karna saya ga ada waktu yang cukup untuk ikut les atau privat.
    apakah hanya mengikuti buku. belajar akan lebih baik atau malah salah arah atau tidak sesuai dengan standar pembacaan not balok???… trims

    Reply

    • Jane Pietra
      Jul 11, 2009 @ 12:18:36

      Kalo menurut saya, belajar dari buku juga sama saja, yang membuat berbeda dengan mereka yang les privat adalah kalo mereka punya guru atau pendamping yang ngasih tau mereka kalo ada yang salah dan ngasih mereka petunjuk untuk perkembangan mereka.
      Nah, klo dari buku juga bisa kayak mereka yang les privat. Misalnya “guru” kita ada video di Youtube, ikut workshop gitar, liat2 serta cari2 buku tentang main gitar di e-book, dan masih banyak lagi.

      Jadi kalo menurut saya sih, belajar secara privat dan hanya otodidak dari buku tidak terlalu berbeda asalkan ada kemauan untuk belajar dan mencari informasi.. ;p

      Reply

  5. Thessa Samosir
    Jul 14, 2009 @ 17:57:24

    Waaaah…Thankz tips na…
    Akan saya coba ….

    Reply

  6. Salis
    Jul 16, 2009 @ 18:42:20

    Bener juga kata loe, aku juga sekarang ini masih mencari cara untk bsa baca not gitar tpi ga nemu2 yang pas bisa tlng bantu nyari yo, hub 085746814350.Thank you salam 3 jari,.

    Reply

  7. dyah indriana
    Jul 19, 2009 @ 13:35:27

    mau nmpang tanya, kalau baca not balok yang ada di kunci G, gimana sih….
    Ak dpt tugas dari guru les untuk belajar lagu yang notnya ada di kunci G….
    Tolong dong…
    Dimana letak do re mi nya……
    Di garis mana dan kolom yang mana…??

    Reply

    • Jane Pietra
      Jul 19, 2009 @ 20:13:10

      Halo, saya mau coba bantu baca not dari kunci G….

      Jadi, not balok itu terletak pada paranada dan di bagian depannya pasti ditulis bilangan yang akan menjadi ketukan serta simbol kunci dari sebuah lagu (mis kunci G, F, dan C),dan Paranada sendiri terdiri dari garis dan spasi. Kebetulan pr dari gurumu adalah membaca not dari kunci G. Bisa dibilang membaca not dari kunci G adalah yang paling mudah dibanding membaca dari kunci F dan kunci C….
      Dalam garis paranada tadi, terdapat not do re mi atau bisa juga disebut c d e f g a b c’

      Nah untuk letaknya:

      Nada do (c) ‘ngambang’ di bawah garis paranada dan hanya ada satu garis horizontal yang melintas pada not itu. Nah garis yang pendek itu sebenarnya adalah garis paranada juga, tapi tidak dibikin panjang karena paranada hanya terdiri dari 5 garis dan 4 spasi saja. Not-not yang berada di luar paranada hanya diberi garis bayangan dari paranada.

      Nada re (d) letaknya menyentuh garis paranada yang pertama, tapi tidak memotong garis paranada

      Nada mi (e) letaknya memotong garis paranada yang pertama, dan yang memotong itu (bulatan hitam) namanya kepala not.

      Nada fa (f) terletak pada spasi pertama paranada

      Nada sol (g) kepala notnya memotong garis paranada yang ke-2

      Nada la (a) letaknya pada spasi ke-2 paranada

      Nada si (b) kepala notnya memotong garis paranada yang ke-3

      Nada do’ (c’) letaknya pada spasi ke-3 paranada

      dan seterusnya…..

      Jadi, bisa dibilang not itu akan bergantian letaknya antara garis paranada dan spasi paranada sampai not berada tepat di atas garis ke-5 dari paranada, yaitu not sol’ (g’)…selanjutnya nada yang lebih tinggi hanya akan diberi paranada bayangan saja, seperti pada not c

      Semoga bisa membantu pr nya yah…
      Kalo masih belum mengerti, kurang jelas atau ada pertanyaan lainnya, boleh tanya-tanya lagi…hehehehe
      Selamat bikin pr dan latihan baca not yah… ^_^

      Gambar not balok

      Reply

  8. Wury
    Sep 08, 2009 @ 11:28:50

    Dimana saya bisa mendapatkan buku2 musik/lagu yg ditulis dalam kunci F? Mengingat banyak lagu2 daerah, perjuangan, dan lagu anak2 hampir semuanya ditulis dalam kunci G.

    Reply

    • Jane Pietra
      Aug 17, 2010 @ 21:51:01

      kalau masalah mencari lagu di kunci F, yaa mudah saja… tinggal pindah saja kuncinya… tidak harus mencari buku lagu yang khusus menulis di kunci F .
      Misalnya lagu naik-naik ke puncak gunung ditulis di G. Jika kita mau memainkannya di F, maka kita hanya perlu menurunkannya 1, maka kita sudah mendapatkan lagu naik-naik ke puncak gunung di F

      Reply

    • ligman
      Jul 08, 2011 @ 15:10:32

      tinggal di tulis ulang aja… di pindahin ke F.!!!
      mau saya tulisan 😛

      Reply

  9. Ahmad Ihram S.
    Sep 09, 2009 @ 21:38:29

    Halo..Ku mau nanya nih, pentatonic mayor itu pasnya di mainin di kunci mana ya,apakah harus di mainkan dalam suatu birama yang sama.Makasih ya.,^_”

    Reply

  10. Viollin
    Sep 09, 2009 @ 22:46:29

    wah, cara yg gampang kea.x cuma liad garisx az dch…
    ea ga sch..????

    Reply

  11. Amri Composer
    Oct 25, 2009 @ 17:21:14

    saat ini banyak software komputer yang mendukung notasi balok, jadi bisa buat belajar tuh

    Reply

    • als
      Mar 04, 2012 @ 08:36:09

      apa nama aplikasinya?

      Reply

      • Jane Pietra
        Mar 23, 2012 @ 20:57:37

        Banyak sekali saat ini software komputer yang mendukung notasi not balok. Misalnya saja, Finale, Guitar Pro, Sibelius, dan masih banyak lagi. Jika berminat, bisa dicari di toko komputer.

  12. kisenda
    Jan 26, 2010 @ 03:53:54

    Thank you mas..,

    Infony sangat…sangat..baik..

    Keep Moving Forward…

    Reply

  13. naomi
    Feb 03, 2010 @ 13:45:40

    belajar not balok mang susah2 gampang..
    tapi not balok itu menarik wat dipelajari..
    mengasah otak bgt..

    tips nya bener2 membantu.. thx yow.. ^_^

    Reply

  14. Arul
    Feb 19, 2010 @ 09:55:20

    Q tdk mgrti samaskali tntg musik tp Q sng bgt dn pngen bljr msik. Infonya bgs tuh bwt bkal ntar kalo dah smpat Q coba teorinya.Mksih dah bagi2 ilmux

    Reply

  15. Pingion
    Mar 15, 2010 @ 17:24:09

    Masalahnya saya gak bisa baca not balok

    Reply

  16. dims vandijk
    Mar 26, 2010 @ 10:31:02

    tlng dong klau bisa pake gambar not baloknya…

    Reply

  17. makacih
    Mar 31, 2010 @ 21:57:35

    bagus bisa berbagi ilmu

    Reply

  18. noracker hamka
    Apr 02, 2010 @ 18:07:12

    aku suka……!!!

    Reply

  19. elsatria.com
    Apr 10, 2010 @ 00:51:56

    band2 sekarang kyknya jarang yg bs baca kecambah, harusnya yg bisa baca harus berkarya lebih baik

    Reply

    • Jane Pietra
      Aug 17, 2010 @ 21:38:11

      Yup benar sekali… band memang jarang yang bisa baca kecambah… tapi belum tentu yang bisa baca kecambah bisa berkarya lebih baik… justru karena terbiasa membaca kecambah jadi kurang bisa berimprovisasi dalam bermain musik dan hanya berpatokan pada partitur yang ada… tidak semua musisi demikian, tapi yaaa memang ada saja yang seperti itu… bisa membaca kecambah memiliki nilai lebih tersendiri, tapi disisi lain juga punya kekurangan. Begitu pula sebaiknya, yang tidak bisa membaca kecambah memiliki nilai lebih tersendiri dan juga punya kekurangan
      Salam
      🙂

      Reply

  20. hariseno
    Apr 22, 2010 @ 22:05:22

    wah, bagus jane, thx u for the tips.. emang penting itu latihan tiap hari, agar diri kita terbiasa, karena terbiasa jadi cinta, jadi kelihatan mudah (karena sudah biasa) hehe

    kalo gw sih mikirnya, belajar baca not balok itu hampir sama halnya dengan belajar bahasa gitu. harus dilatih secara teratur. ntar kalo udah bisa baca dengan lancar, kalo baca partitur gitu udah kayak baca novel, hehehe

    ada orang yang bisa menulis novel karena dia suka membaca novel, dan menemukan style tulisannya sendiri, yang asyik, yang sesuai dengan dirinya, atau dari mendengar kisah hidup orang lain, atau karena pengalaman hidupnya sehari2

    hampir sama juga nih menurut gw dalam musik, ada orang yang bisa membuat aransemen /komposisi musik karena dia suka membaca komposisi orang lain, lalu memainkannya (bisa aja komposisi dari maestro, de el el), atau karena dia suka mendengar musik, lalu membuat komposisi yang sesuai dengan dirinya. atau bisa juga nih, karena pengalaman diri sendiri dengan instrumen musik, mengeksplor sendiri.

    tapi sayangnya gw belum lancar nih baca not balok, padahal pengin bikin komposisi yang tertulis dalam partitur, hehehe

    Reply

  21. frendi
    May 05, 2010 @ 17:49:09

    tq saranya ya…

    Reply

  22. ZAKI
    Jun 05, 2010 @ 11:41:39

    HALLO………..
    mw nanya mas, gini:
    aku kan sama sekali lom bisa membaca not balok, pas aku beli beberapa buku di toko, ko keterangan dan cara2 membaca pazti sedikit banget…..pling banyak jga 3 lembar..
    eh………..malah banyak contoh2 nya….
    nah untuk bisa memahami contoh2 tersebut kan harus tw keteranganya dulu……
    kira2 keterangan yang bagus gmana ea mas???mungkin low anda bisa menerangkan, saya akan sangat senang….
    THANK”S………………..

    Reply

    • Jane Pietra
      Aug 17, 2010 @ 21:31:20

      keterangan yang bagus maksudnya seperti apa yah?
      memang kalau membeli buku gitar di toko buku keterangannya hanya sedikit dan tidak terlalu dapat mengajarkan kepada kita bagaimana cara membaca not balok… Beberapa buku memang menjelaskan sedikit mengenai not balok, tetapi ada juga buku yang tidak menjelaskan not balok melainkan menjelaskan bagaimana cara membaca tabulatur.. Nah not balok dan tabulatur adalah dua hal yang berbeda…. sebaiknya sih, kalau menurut saya, selain membeli buku-buku di toko, kita bisa juga sharing dengan teman yang paling tidak mengerti tentang dasar-dasar not balok.. memang kalau hanya lewat tulisan agak sulit Zaki… akan lebih mudah jika bertatap muka secara langsung belajarnya… coba sharing dengan teman atau guru musik saja dulu… 🙂

      Reply

  23. Reno saputra
    Jul 28, 2010 @ 14:00:47

    agak pusing . cuy
    ouz masih rued

    Reply

  24. Berlian gitagut
    Aug 17, 2010 @ 15:07:11

    waah…. terimakasih sekali atas infonya , kebetulan pada saat saya disuruh mengiringi paduan suara , saya kesulitan untuk membacanya , txs =)

    Reply

  25. hendra wage s
    Aug 27, 2010 @ 13:03:29

    penjelasannya kurang,soalnya hal seperti itu sudah terlalu saya sering dengar…
    saya ingin dengar tips-tips yang lebih simple tapi pasti…
    ditunggu ya

    Reply

  26. Michael
    Sep 10, 2010 @ 20:35:11

    Hello saya seorang karyawan biasa yang tertarik musik.

    Saya piano belajar otodidak, tapi memang diberkati feeling yang kuat, setiap lagu saya bisa hear and play, bahkan kadang saya tidak tau ini chordnya apa. Baru2 ini aja belajar teori chord dan harmonisasi dari mas Youtube..

    Nah sekarang di usia yang tua banget (32 tahun) saya baru mau belajar teori jazz piano secara benar dan akademik, dan tidak mungkin tanpa belajar not balok, karena buku2 teori jazz semuanya pake not balok.

    Untuk bisa cepet, mungkinkah saya pelajari cuman lokasi notnya aja, tanpa belajar simbol2 ketukan, birama etc pusing itu pelajaran zaman SD yang saya selalu jelek nilainya. Toh untuk harmonisasi nada, ritme etc saya sudah dapatkan melalui feeling saya… saya cuman perlu tahu notnya apa… panjang pendeknya saya sudah bisa merasakan kok…

    Thx for motivation dan tipsnya, sebulan doang bisa???

    wah we’ll see ya sebulan lagi 🙂

    Reply

    • Jane Pietra
      Oct 04, 2010 @ 12:21:43

      sebenarnya belajar notasi musik juga harus belajar tanda biramanya. Seperti ketukan, tanda berhenti, dan lain sebagainya. Di sini saya hanya menjelaskan mengenai not baloknya saja karena keterbatasan waktu yang saya miliki.
      Menurut saya, usia bukanlah masalah, yang penting ada kemauan dan kerja keras 😀 apalagi Anda memiliki bakat di bidang musik. Sangat jarang orang yang bisa langsung memainkan lagu hanya dengan mendengarnya saja loh… Selamat belajar 😀

      Reply

  27. Ghifari
    Sep 29, 2010 @ 18:09:39

    disini masih bisa nanya kan? saya masih bingung tentang baca not balok. kan kalau jarak antara E dan F sama B dan C itu jaraknya 1/2, bener kan? Nah, tapi kenapa pas di music-sheet-nya itu sama aja dengan jarak not-not yang lain. jadi, masih sedikit penasaran bin bingung. mungkin bisa dijelaskan.. terima kasih 😀

    Reply

  28. wisnu
    Oct 04, 2010 @ 10:06:43

    q mau tanya bos..cara merubah kunci2 G.F.D dll ke kunci not angka 1.2.3 dll di lagu2 pop gmn ya.

    Reply

    • Jane Pietra
      Oct 04, 2010 @ 12:26:18

      Maksudnya cara mengganti nya seperti apa yah… Apakah C=1 D=2 E=3 dst, atau bagaimana, karena saya kurang mengerti pertanyaannya.. 😀

      Reply

  29. toni marbun
    Oct 04, 2010 @ 20:49:54

    buat temen -temen tlg bantu saya donk untuk mengerti cara belajar not balok.saya kepengen bisa menjadi seorang penyanyi yg bener mengerti setiap notasi lagu yg aku nyanyikan…dan buat anak2 band..salam kenal.no hp:081337398008….boleh sms ke no ini utk kenal dengan saya.thanks

    Reply

  30. daniel
    Nov 02, 2010 @ 01:13:40

    wah keren nih artikelnya…
    mau tanya tpi mungkin agak kluar dari topiknya nih..
    mau tanya software2 untuk membantu baca not ada ngga ya..
    kalo ada nama softtwarenya apa yahh
    trima kasih….

    Reply

  31. Aris slam
    Dec 11, 2010 @ 09:03:45

    Info yang bagus, gampang di paham.
    Tapi kenapa tidak di kasih contoh gambar partiturnya?

    Reply

  32. ano fatubai
    Dec 13, 2010 @ 12:54:52

    thank’s for all…

    Reply

  33. ano fatubai
    Dec 13, 2010 @ 13:02:19

    memang susah belajar not balok, tapi kalo lakuin karna bakat dan dengan senang hati juga dianggap itu suatu permainan game pasti mudah jadinya,… kata jane pietra ” kita harus sering membaca walaupun hanya sejam setiap hari,. itu sama hal dengan anda memilih huruf di kiboard anda lincah karna terbiasa..

    Reply

  34. drunken
    Feb 06, 2011 @ 14:35:57

    nice info gan…..
    ane baru belajar not balok tuch….gak ada yang sulit..
    cuma yang sulit tuch ngatur tempo…sulit..
    salam 🙂

    Reply

  35. Bang MG
    Feb 13, 2011 @ 18:56:16

    Ane baca not balok waktu pertama kali emang pusing n terasa ada beban dikepala kayaknya seperti memikul karung beras 30 kg,,,:D
    tapi sekarang ne dah tau caranya biar lancar baca not balok yaitu dg memindahkan ke 2 mata kita ke jari2 tangan kita…cara mindahinnya gampang…belajar baca aja tiap hari min 1/2 jam ntar lama-lama matanya juga pindah ke tangan he he…kiding ah

    Reply

  36. mamad
    Feb 18, 2011 @ 05:26:51

    ada ga media atau buku yang mempelajari dasar-dasar membaca not ?

    Reply

    • Jane Pietra
      Mar 29, 2011 @ 08:13:25

      Ada.. Malah bisa dibilang sangat banyak.
      Untuk media, bisa search di youtube. Di sana sangat banyak contoh serta tutorial membaca not balok dan memainkan alat musik tertentu.
      Sementara untuk buku, juga ada. Tapi tidak terlalu lengkap atau jelas seperti di media youtube. Sebab, walau bagaimanapun, belajar harus didampingi oleh orang yang sudah lebih mahir. Memang tidak menutup kemungkinan untuk belajar secara mandiri (otodidak), tapi akan lebih bermanfaat dan terasa bila belajar didampingi oleh orang yang lebih mahir.

      Reply

  37. Menggapai Bintang
    Mar 14, 2011 @ 14:06:24

    matur nuwun sudah berbagi ilmu 🙂

    Reply

  38. Yongki
    Mar 18, 2011 @ 10:57:37

    waduh. .harus sabar kayaknya. .

    Reply

  39. Dinarardy
    Apr 09, 2011 @ 11:27:44

    Halo, aku mau sedikit cerita.

    Selama 4 minggu latihan membaca not balok, aku udah bisa baca dengan lumayan lah. Namun, semakin buruknya, minggu-minggu selanjutnya tidak ada peningkatan signifikan dalam kecepatan membacaku. Sekarang udah nyampe minggu ke 8, dan aku semakin bosan malah sampai marah2 sendiri karena g semakin lancar dalam membaca.

    Aku pengen banget bisa baca dengan lancar padahal. Soalnya ini menunjang belajar piano klasikku.. Tiap hari aku selalu practice dan selalu practice, sampai aku pernah sekali merasa sia-sia, “apa memang aku terlahir sebagai seorang pemusik yang tidak bisa membaca not balok ya”, dan sedikit menghibur diri sendiri aku bergumam lagi masih lanjutan yang tadi, “..seperti Melly Goeslaw”. 😀

    Ada sedikit persamaan kita. Awalnya aku malah g pake not apapun. Sama sekali. Hingga kini feelingku berkembang lebih baik dari kecepatan membacaku. Tapi ini tidak berlaku untuk klasik. Sama sekali. Selain feeling, aku ingin bisa melatih kecepatan membacaku. Memang sulit untuk bisa keduanya. Aku percaya guruku beliau berkata seperti ini (entah menghiburku atau malah mengejekku mengejekku), “Umumnya orang yang bisa memainkan musik dengan hanya mendengar dan merasa belum tentu juga bisa sambil membaca. Dan, sebaliknya.”

    Ada saran yang lebih baik buatku dari sang maestro? 🙂

    Reply

    • Jane Pietra
      Apr 27, 2011 @ 16:05:24

      Hai Dinar,

      Thanks sudah mampir di blog ini dan memberikan komentar yang bagus dan menarik pula.
      Saya akan mencoba menjawab pertanyaannya yah, tapi belum tentu jawaban yang saya berikan adalah yang paling benar dan bisa diterima oleh orang lain juga loh.. hehe..
      Ok, first of all, jangan panggil saya maestro. Sebab saya belum pantas menyandang gelar tersebut (wah masih jauh lah pokoknya). hehehe 🙂
      Untuk pertanyaan Dinar, mengenai mana yang lebih baik antara mengasah feeling atau kepandaian membaca dalam bermain musik, jawaban yang bisa saya berikan adalah keduanya penting. Disini saya berpendapat demikian karena jika seorang musisi hanya mengandalkan kemampuannya membaca not balok, tanpa adanya feeling dalam bermain, maka bisa dibilang dia belum paham betul menjadi seorang musisi. Tanpa disadari, sebenarnya feeling akan sangat membantu kita dalam hal “menyampaikan” lagu yang kita mainkan, atau biasa disebut juga dengan interpretasi terhadap lagu. Feeling itu akan membantu membuat permainan kita lebih “manis” dan “hidup”. Pernah seseorang guru berkata kepada muridnya yang sedang berlatih mengiringi paduan suara “Kalau main musik itu, didenger dan dirasa. Jangan Cuma dibaca aja.”
      Di sisi lain, kemampuan seorang musisi dalam membaca not-not atau partitur juga cukup penting. Penting dalam hal apa? Kan bentuknya kayak toge yang bergelantungan gak jelas gitu.. hahaha.. memang betul, terkadang not balok bisa menyulitkan kita yang sedang belajar musik. Apalagi untuk tingkatan advance yang sudah mulai memainkan repertoire yang sulit, jadi yang dibaca tidak cuma single note saja. Apalagi kalau belajar musik klasik. Musik klasik sangat kental dengan predikat konservatif. Maksudnya adalah bahwa repertoire yang dimainkan tidak bisa diubah seenaknya aja kalau sedang dimainkan. Dengan kata lain, tidak ada toleransi untuk improvisasi dan tebak-tebakan not. Disitulah pentingnya kita bisa baca not balok.
      Beda halnya jika belajar musik jazz atau pop, yang bisa dibilang justru lebih mengandalkan feeling dibandingkan dengan not yang ada di atas kertas. Makanya lebih sering kita dengar “enaknya main ke mana” atau “enaknya lari ke mana nadanya”
      Nanti muncul pertanyaan, jadi lebih baik mana yang harus dipelajari terlebih dahulu. Pengenalan nada untuk mengasah feeling tanpa belajar not, atau belajar not dulu tanpa tau nadanya? Nah, untuk menjawab itu, mungkin akan saya jawab di posting selanjutnya saja. Karena akan terlalu panjang penjelasannya.
      Semoga jawaban saya bermanfaat buat Dinar dan teman-teman lain yang punya pertanyaan serupa seperti Dinar. Bagi yang ingin menambahkan atau punya argumen lain silahkan menambahkan yaaa…. 🙂

      Reply

  40. lespiano
    May 14, 2011 @ 16:03:07

    artikelnya bagus sekali 😀
    jadi inget dulu waktu awal-awal belajar baca not balok, stresnya minta ampun 😛

    tapi setelah berhasil, woowww… bener2 puas!! 😀

    Reply

  41. bali ratih
    Jul 28, 2011 @ 00:51:13

    Senang sekali ada yang mau share
    Pengetahuan cara baca not balok
    Setelah baca article ini saya agak
    Mengerti cara baca not balok
    Butuh latihan yang banyak dan konsisten

    Reply

    • Jane Pietra
      Aug 02, 2011 @ 18:21:28

      Terima kasih atas responnya yang positif, semoga tulisan saya bisa membantu teman-teman yang masih dalam tahap belajar membaca not balok.

      Reply

  42. nikking
    Sep 17, 2011 @ 06:32:10

    gmane cranya snam jri dnga 10 jri lngsung…. cntoh main gitar acustik

    Reply

    • Jane Pietra
      Oct 19, 2011 @ 17:27:55

      Hmmm, saya agak bingung dengan pertanyaannya.

      Tapi saya akan mencoba menjawab ya
      Kalau untuk senam jari yang bisa dilakukan untuk memperlancar jari-jari kita saat main gitar, biasanya yang saya lakukan adalah memainkan tangga nada. Pertama secara perlahan, kemudian lama kelamaan dengan kecepatan yang semakin meningkat. Usahakan agar setiap tangga nada yang dibunyikan harus “bersih” dan berbunyi secara jernih meskipun kecepatan semakin bertambah.

      Reply

  43. andre setyawan
    Oct 01, 2011 @ 21:23:15

    kak, mau nanya kalo diinternet buat buku-bukunya cari dimana ya kalo buat belajar ?? terus kalo mau beli buku apa ya yang bagus untuk dipelajari ??

    Reply

    • Jane Pietra
      Oct 19, 2011 @ 17:21:22

      Halo Andre,

      Kalau untuk buku, di internet banyak sekali. Hanya saja biasanya format bahasa inggris. Tergantung juga, mau cari yang download gratis atau beli di Amazon. Kalau mau cari-cari buku yang gratis, bisa cek ke www. library.nu dan nanti tinggal bikin account, setelah itu bisa cari buku-buku apa saja yang kamu mau termasuk buku gitar.
      Kalau untuk buku apa yang bagus untuk dipelajari, menurut saya bagus buku-buku tentang teori musik dasar dan juga latihan-latihan seperti etude. Karena dengan etude kita bisa melancarkan teknik.
      Semoga bisa memberikan pencerahan, salam

      🙂

      Reply

  44. Raquel
    Oct 15, 2011 @ 07:02:41

    thnks!!!!!!!sangat membantu..

    Reply

  45. 'Dedy Aja
    Oct 15, 2011 @ 20:04:13

    wehh makasih,, ku dah pernah ikut les gitar classic, tp bentar,, heheheh
    mau nanya ne,, punya info website yg sediain notasi2 gt pa ga..
    tq

    Reply

    • Jane Pietra
      Oct 19, 2011 @ 17:17:49

      Wah, sama sama … senang bisa membantu 🙂
      kalau untuk website yang menyediakan notasi gitar ada banyak sekali. Biasanya tinggal search di google judul lagu yang ingin dimainkan, nanti akan muncul web yang kira-kira bisa memberikan notasi dengan cuma-cuma. Ada beberapa juga yang harus membayar.
      Kalau untuk dalam negeri sendiri, Pak Jubing Kristianto sudah punya web, dan membagikan beberapa partitur lagunya. Silahkan di cek di http://www.jubing.net

      Reply

  46. Kevin
    Oct 16, 2011 @ 19:27:40

    Bakat 1% Niat 99% itulah yang diajarkan guru saya

    Reply

  47. Tomy Boy X
    Oct 20, 2011 @ 16:07:15

    thx infonya,, numpang nanyak sedikit,, gitar itu kan lambangnya G, lalu misal pas ada not e digaris paling bawah lalu naik f,g,f,b,a, lalu bagaimana caranya biar mengetahui not-not itu berada pada fret gitar, atau mengubah partitur tersebut menjadi tab??. (untuk melodi,.)

    Reply

    • Jane Pietra
      Oct 24, 2011 @ 20:43:37

      Kalau untuk gampangnya sih, not E yang paling bawah biasanya kan open string di senar ke-6 (bass). Lalu untuk mengetahui f, g, b, dan a berada pada fret yang mana, saya biasanya menggunakan konsep jarak antar nada. Jadi jarak antara E dan F adalah 1/2, maka jika E open string pada senar 6, maka F otomatis akan saya pencet pada fret pertama di senar 6. Lalu untuk G, karena jarak antara F dan G adalah 1, maka jari saya juga akan melongkap satu fret, sehingga akan saya pencet fret ke 3 pada senar 6, dan seterusnya untuk nada-nada lainnya. Eksplorasi sih yang menurut saya paling penting kalau mau tau letaknya dimana dan konsep jarak yang tadi saya bilang.
      Semoga membantu 🙂

      Reply

  48. fitri
    Nov 16, 2011 @ 14:27:36

    kalau bisa postingin jugadong tentang belajar membaca not balok!!
    seperti garis pranada dan solmisasinya, thank!!!

    Reply

  49. Gian parisa ramadan
    Nov 21, 2011 @ 10:21:07

    Bagaimana cara belajar n0t bl0k yah,
    Aqu lum ngrti nih.
    Pliz help me.

    Reply

  50. Iqbal Libra
    Nov 22, 2011 @ 13:04:21

    thanks infonya… kendalanya gak punya buku panduannya…..

    Reply

  51. dinarardy
    Dec 16, 2011 @ 08:50:24

    Halo, Jane Pietra
    Spesialisasi saya adalah keyboard.

    Selama 3 tahun (dari SMA sampai kuliah) saya bermain hanya mengandalkan feeling. Tiba saatnya saya pengen belajar klasik, saya les di guru klasik, mata saya belum pernah sekalipun menyentuh not balok. Selama 4 bulan saya belajar membaca not balok dan belum ada kemajuan yang signifikan. Guru saya bilang, “biasanya pemusik yang pendengarannya lebih tajam dari matanya, dia akan susah baca not balok seperti kamu, jadi kamu harus lebih intensif”.

    Nah dari situ saya berpikir, apa saya memang dilahirkan untuk tidak bisa baca not balok. Karena memang susah banget bagi saya bisa membaca dengan lancar kecambah2 itu. Saya sudah tiap hari latihan, tapi tetap saja pada titik awal. Adakah hal yang kurang dan harus saya betulkan? Sedih rasanya tidak bisa membaca bahasa melodi.

    Terimakasih.

    Reply

  52. Shiela
    Dec 30, 2011 @ 15:21:22

    Keren

    Reply

  53. Lisa
    Jan 04, 2012 @ 02:28:27

    saya juga sedang belajar membaca not balok, cm sejak dulu saya ingin ikut les. namun orang tua menolak dengan alasan ujian sekolah. akhirnya saya dibelikan piano. namun sayang. saat sedang browsing kebanyakan lagu yg ingin saya mainkan not balok semua. sehingga saya kesusahan sekali. jika les ada guru yg menjawab semua pertanyaan. namun bagaimana jika otodidak? akankah belajar piano saya menjadi lebih teratur? tidak seenak dn sesuka saya (maunya main lagu yg disuka aja> hehehe)

    Reply

  54. michael
    Jan 04, 2012 @ 05:51:23

    Saya rasa benar apa yang dikemukakan oleh Dinariady, saya sendiri belajar musik otodidak, saya juga memiliki kemampuan hear-and-play secara alami. Dulu waktu kecil usia 5 tahunan saya sudah bisa memainkan semua lagu-lagu zaman TVRI tanpa pernah belajar piano.

    Usia 7an saya pernah di-kursusin piano sampe grade 1 ato 2 lupa ABRSM/Royal dulu waktu kecil tapi saya benar2 nyaris tidak pernah baca not balok karena semua lagu klasik bisa saya denger dan mainkan tanpa baca notasi. Kemudian saya keluar karena bosan dan ketiadaan biaya juga dan akhirnya main lagu-lagu pop (ngeband di kafe untuk cari uang saku ) zaman kuliah..

    Karena kesibukan studi lanjutan dan bekerja, saya absen main piano beberapa tahun..

    Kemudian baru-baru ini saya tertarik pada jazz piano, dan untuk belajar jazz piano, kemampuan baca not balok mutlak diperlukan karena referensi-referensi standar jazz piano (Andy Laverne, Ray Santisi, Aebersold) semuanya memakai not balok. Nah saya akhirnya mati-matian belajar not balok lagi…

    Nah sekarang setelah saya punya anak, saya ingin mengajarkan sendiri anak saya piano , dan saya ingin mengajarkan lagu klasik, pop dan jazz ke anak saya, biar dia lengkap perbendaharaan lagunya. Nah untuk itu saya harus belajar not balok juga….

    Ternyata memang kita tidak bisa memiliki keduanya, kekuatan saya dalam hear-and-play membuat kelemahan dalam membaca not balok. Saya sudah berjuang mati-matian, tapi tetap tidak mudah…. bawaan saya yang hear-and-play ini sangat dominan….. beberapa kali membaca not balok saya sudah mengerti/hafal nadanya dan bawaannya malas membaca not balok lagi… jadinya kemampuan baca not balok saya tidak lancar-lancar….

    tapi saya akan terus berlatih… disela kesibukan pekerjaan dan mengurus anak 🙂

    Terimakasih atas tips dan motivasinya..

    Reply

  55. andryan harthanto
    Feb 10, 2012 @ 03:42:51

    gmn caranya menulis not balok yang ada 3 dan dibaca sangat cepat

    Reply

  56. Dika
    Feb 21, 2012 @ 21:38:09

    Maaf boleh nanya ga? kalo misalnya di sheetnya itu ada tanda kunci G nah sesudahnya itu kaya ada tanda pagar 2 gitu. itu maksudnya apa ya?

    Reply

    • Jane Pietra
      Mar 23, 2012 @ 20:55:32

      Tangga nada dasar adalah tangga nada dengan nada dasar 1 (baca: do) = C. Sehingga notasinya akan menjadi: C-D-E-F-G-A-B-C. Kenapa tangga nada ini disebut dasar, karena pada tangga nada ini tidak ada kres/mol. Dan dari tangga nada inilah semua perhitungan kres/mol dimulai.
      Tanda pagar itu biasa disebut dengan tanda kres. Berguna untuk menaikkan setengah dari nada asli. Kalau ada 2 tanda kres, berarti not yang akan naik setengah adalah C dan F sehingga menjadi Cis (C#) Fis (F#). Maka nada dasar akan naik juga. Sehingga notasinya menjadi: D-E-F#-G-A-B-C#-D
      Sekarang nada dasar tersebut dapat dikatakan Do = D

      Reply

  57. aldy
    Mar 14, 2012 @ 22:49:33

    saya pengen belajar gitar lagu canon rock. tapi susah banget. gimana caranya biar lebih gampang belajarnya yah…. tolong kasih tipsnya donk soalnya penasaran banget pengen bisa lagu canon rock… hehehe

    Reply

    • Jane Pietra
      Mar 23, 2012 @ 20:58:38

      Belajar mendengarkan dan berusaha untuk mempraktikkannya di gitar. Jangan pernah berhenti berusaha dan tetap semangat. Cuma itu kuncinya.

      Reply

Leave a comment